Selasa, 11 September 2018

Cara Medis Mengatasi Gagal Ginjal

Cara Medis Mengatasi Gagal Ginjal


Mencegah Timbulnya Dampak Buruk Akibat Penyakit Gagal Ginjal Dengan Segera Melakukan Pengobatan Secara Medis Yang Dipercaya Sangat Efektif

Cara Medis Mengatasi Gagal Ginjal

Cara Medis Mengatasi Gagal Ginjal .- Mengenai penyakit gagal ginjal mungkin sudah banyak orang yang mengetahui tindakan apa yang akan dilakukan jika sewaktu-waktu penyakit gagal ginjal ini memasuki masa kronis. Selain menggunakan pengobatan gagal ginjal secara herbal, berikut akan kami informasikan mengenai cara medis yang biasa dilakukan dalam mengatasi masalah gagal ginjal. Simak informasi berikutnya.

Bagaimanakah Cara Yang Biasa Dilakukan Dalam Dunia Medis Untuk Mengatasi Penyakit Gagal Ginjal Yang Sedang Diderita?

Disamping melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi Obat gagal ginjal alami, penyakit gagal ginjal ini biasanya masih bisa diatasi secara medis dengan melakukan beberapa langkah yang dianggap sebagai langkah paling efektif dalam mencegah timbulnya keparahan pada penderitanya meskipun masih belum bisa menyembuhkan penyakit gagal ginjal secara total.
Cara Medis Mengatasi Gagal Ginjal

Berikut 4 cara yang biasa digunakan sebagai pilihan tindakan medis dalam mengatasi penyakit gagal ginjal yang diderita :
  1. Mengkonsumsi obat-obatan khusus yang diformulasikan untuk mengobati penyakit gagal ginjal

Langkah pertama yang biasa dilakukan tenaga medis dalam mengatasi masalah yang terjadi akibat gagal ginjal yaitu dengan memberikan pasien satu paket obat-obatan khusus yang mana salah satunya merupakan obat darah tinggi yang diambil dari golongan ACE inhibitors seperti ramipril dan captopril atau ARBs seperti valsartan dan irbesartan.
Kelompok obat ini diberikan kepada penderita gagal ginjal dengan tujuan agar tekanan darah dalam tubuh terkontrol dengan baik serta mengatur kadar protein yang dihasilkan dalam produksi urine. Dalam satu kesempatan dokter akan memberikan antioksidan sebagai obat tambahan yang digunakan untuk mencegah timbulnya infeksi atau mengatasi infeksi yang sudah terjadi.
  1. Melaksanakan terapi batu ginjal

Kondisi batu ginjal yang membesar akibat dari infeksi yang menimbulkan peradangan pada ginjal tidak bisa diatasi hanya dengan meminum air putih 3 L per hari secara rutin. Namun kondisi seperti ini bisa diatasi dengan melakukan berbagai macam tindakan berikut ini : (Baca Juga : Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Secara Herbal)
  • Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL), salah satu terapi yang dilakukan dengan memecah batu ginjal menjadi berukuran kecil sehingga akan mudah dikeluarkan bersama dengan air urin yang dihasilkan tubuh.
  • Ureteroscopic Lithotripsy (URS), terapi yang dilakukan yaitu dengan cara memasukan selang kedalam saluran kemih yang disertai kamera khusus kemudian dipecahkan menggunakan suatu benda tertentu sehingga batu ginjal menjadi berukuran lebih kecil dan bisa keluar bersamaan dengan urin.
  • Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL), terapi batu ginjal yang terakhir yaitu dengan menggunakan alat khusus dalam mengambil batu ginjal yang mana alat tersebut dimasukan melalui bagian punggung pasien agar dengan mudah bisa mencapai organ ginjal dalam tubuh. 
  1. Melakukan diet sehat

Langkah diet penderita gagal ginjal tidak akan sama dengan diet yang dilakukan anak remaja pada umumnya. Kata diet yang dimaksudkan untuk mereka yang menderita penyakit gagal ginjal yaitu mengkonsumsi berbagai makanan sehat yang dianjurkan oleh dokter dan menghindari berbagai jenis makanan yang menjadi pantangannya. 
Penting untuk diketahui bahwa diet untuk penderita gagal ginjal bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan pokok yang sifatnya berat. Tetapi diet penderita gagal ginjal ini lebih ke mengganti konsumsi makanan berlemak dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. (Baca Juga : Larangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal)
  1. Melakukan terapi penggantian ginjal yang rusak dengan ginjal yang baru

Tahap pengobatan gagal ginjal secara medis yang terakhir yaitu dengan melakukan terapi penggantian ginjal. terapi ini ditujukan untuk mengurangi risiko timbulnya kerusakan pada bagian ginjal yang lain. Ada 3 alternatif yang bisa dipilih oleh penderita gagal ginjal sebagai cara pengobatan untuk mengatasi penyakit gagal ginjal yang dideritanya. Berikut merupakan alternatif pilihan dalam melakukan terapi penggantian ginjal :
Pilihan yang pertama yaitu dengan cara hemodialisis atau cuci darah. Hemodialisis berasal dari dua kata yaitu “hemo=darah” dan “dialisis=proses membersihkan darah dari zat sampah”. Berdasarkan pada kedua kata tersebut, dapat disimpulkan bahwa hemodialisis yaitu suatu proses penyaringan darah dari zat-zat sampah yang terdapat didalamnya menggunakan suatu mesin dialisis yang dikenal sebagai mesin dialiser.
Langkah ini dilakukan dengan cara mengalirkan darah dari tubuh pasien kedalam sebuah tabung yang disebut dialiser untuk disaring yang kemudian dialirkan kembali kedalam tubuh pasien. Tindakan ini harus dilakukan setiap bulan sebagai upaya mencegah terjadinya penumpukan zat sisa metabolisme yang menghambat aliran darah.
  • Continuous ambulatory peritoneal dialysis (CAPD)

Langkah berikutnya yaitu dengan cara CAPD. CAPD merupakan langkah yang memiliki persamaan dengan hermodialisis. Hanya saja CAPD ini dilakukan dalam perut bagian dalam menggunakan suatu cairan yang dialirkan melalui selang. Cairan ini digunakan untuk mencuci darah kotor yang kemudian didiamkan beberapa saat belum akhirnya dibuang.
Mungkin banyak diantara anda yang sudah memahami betul apa itu transplantasi ginjal. Transplantasi atau yang disebut dengan pencangkokan ginjal ini merupakan langkah akhir dalam mengatasi gagal ginjal yang memasuki tahap kronis atau gagal ginjal yang sudah di stadium akhir. Tindakan ini dilakukan dengan cara mengganti ginjal pasien yang rusak dengan ginjal baru yang didapatkan dari orang yang sudah meninggal atau orang hidup yang organ ginjalnya masih berfungsi dengan sangat baik.
Ginjal yang transplan yang digunakan oleh pasien penderita gagal ginjal tidak akan ditempatkan pada tempat ginjal yang semula. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan dari timbulnya penyakit yang sama akibat dari tempat ginjal yang masih menyimpan sisa virus dari penyakit sebelumnya. Cara Medis Mengatasi Gagal Ginjal
Itulah kiranya langkah medis yang biasa dilakukan dalam mengatasi penyakit gagal ginjal yang diderita. Mungkin terlihat sangat efektif namun semua tindakan diatas tidak bisa menyembuhkan penyakit gagal ginjal secara tuntas sehingga akan memberikan efek samping yang berbeda pada penderitanya.

Untuk menyembuhkan penyakit gagal ginjal yang tidak menimbulkan efek samping, anda bisa memilih suatu terapi pengobatan yang dilakukan secara herbal dengan menggunakan obat gagal ginjal alami yang dipercaya ampuh, aman dan bebas dari efek samping.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara medis mengatasi gagal ginjal, semoga bermanfaat..

Baca Juga :

Posted By :

Cara Medis Mengatasi Gagal Ginjal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bahaya Dari Penyakit Gagal Ginjal

Bahaya Dari Penyakit Gagal Ginjal Mengenal Bahaya Dari Penyakit Gagal Ginjal Yang Sering Timbul Sebagai Salah Satu Cara Untuk Menghindar...